Sosiologi, Sejarah, Budaya, Politik dan Kebangsaan

Sunday, March 8, 2020

Globalisasi dan Dampak Ketimpangan Sosial di Masyarakat



                Ketimpangan sosial merupakan bentuk tidak seimbangnya status sosial, ekonomi, atau budaya dalam masyarakat. Ketimpangan sosial dapat timbul akibat faktor-faktor penghambat baik internal maupun eksternal, sehingga faktor tersebut menghalangi sebagian masyarakat untuk memanfaatkan  kesempatan yang ada.
                Andrinof A.  Chaniago berpendapat bahwa ketimpangan muncul akibat pembangunan yang tidak seimbang dimana pembangunan hanya fokus pada segi ekonomi dan melupakan aspek lainya, seperti aspek sosial. Sosiolog asal Indonesia Budi Winarno berpendapat ketimpangan sosial muncul akibat dari kegagalan pemerintah dalam melakukan pembangunan di era globalisasi guna memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani masyarakat.[1]
Berdasarkan teori dari para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa ketimpangan sosial muncul akiibat dari pembangunan yang tidak merata atau penggenjotan pembangunan yang hanya satu sisi dan melupakan pembangunan yang lain. Akibatnya memunculkan ketidak setaraan dalam individu dalam masyarakat. Adapun faktor penghambat munculnya ketimpangan sosial adalah sebagai berikut:
1.       Faktor Internal. Faktor internal merupakan faktor yang muncul dari dalam diri individu tersebut. Seperti, rendahnya kualitas sumber daya manusia yang disebabkan oleh minimnya pendidikan yang dapat di akses. Pendidikan yang rendah akan menghambat individu tersebut dalam mendapatkan kesempatan untuk mengoptimalkan kemampuan dalam dirinya. Mental rendah yang dimiliki individu akan membawa diri mudah menyerah, putus asa ketika sesekali mengalami kegagalan.
2.       Faktor eksternal. Faktor eksternal merupakan faktor yang muncul dari luar kemampuan diri individu tersebut. Pendidikan yang tidak merata seperti di perkotaan dan pedesaan,   ketrampilan yang minim akan membawa individu mendapatkan pekerjaan yang kurang layak.
Dua faktor baik internal maupun eksternal memiliki keterkaitan yang erat dalam membawa masyarakat ke jurang ketimpangan sosial dalam era globalisasi ini. Jika saja, akes pendidikan yang merata akan membawa individu untuk menambah skil dan mempertajamnya. Selain itu, akes pendidikan akan memperkuat mental individu dalam menghadapi masa depanya. Karena dari pendidikan akan mengubah seseorang menjadi mental baja dalam menghadapii tantangan globalisasi.
Akibanya ketimpangan sosial dalam tubuh masyarakat membawa dampak negatif yang bisa berlarut-larut tanpa penyelesaian atau hanya sesaat sebagai akibat dari globalisasi yang mendunia. Semua itu tergantung bagaimana pemerintah mengambil kebijakan yang dapat mensejahtrakan rakyatnya. Berikut akibat yang di timbulkan dari ketimpangan sosial:
  1. Kriminalitas. Merupakan tindakan yang melanggar hukum dimana akibat dari kriminalitas dapat merugikan masyarakat yang menjadi korbanya. Menurut Soerjono Soekanto, Tindakan kriminal disebabkan oleh kondisi dan proses sosial yang menghasilkan prilaku yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.[2]
  2. Kemerosotan moral. Ketika membicarakan mengenai kemerosotan moral berkaitan dengan Negara bangsa yang berkaitan. Seperti contoh di Indonesia sebagai Negara yang berbudaya dan memiliki norma berbusana tertutup akan mengagap globalisasi dengan budaya westrnisasi (budaya pakain terbuka) adalah sebuah kemrosotan moral. Selain fashion sikap individualis, hedonis juga merupakan kemrosotan moral bagi bangsa Indonesia. Hal ini di karenakan dari sudut pandang bangsa Indonsia budaya tersebut sangat bertentangan dengan tradisi dan budaya masyarakat.
Masalah yang di timbulkan oleh globalisasi dalam hal ini ketimpangan sosial dapat diatasi dengan menentukan mana yang lebih krusial untuk diselesaikan terlebih dahulu, sehingga solusi yang tepat dapat di ambil. Namun ini memerlukan kerjasama anatra pemangku kepentingan dalam hal ini pemerintah dengan rakyat. Sehingga tidak akan terjadi mispresepsi antara pemerintah dan rakyatnya.



[1] Raras Santika D. materi sosiologi SMA/MA kelas XII (Ketimpangan Sosial). http://blog.unnes.ac.id/wiwinwahyu99/2017/11/12/materi-sosiologi-smama-kelas-xii-ketimpangan-sosial/. 8-1-2020. Blog.unnes.ac.id
[2] Ibid,.

No comments:

Post a Comment