Sosiologi, Sejarah, Budaya, Politik dan Kebangsaan

Sunday, February 23, 2020

Perubahan Sosial


Perubahan merupakan suatu yang lazim terjadi dalam kehidupan masyarakat, baik itu masyarakat desa maupun masyarakat kota. Perubahan bisa dari hal kecil sampai hal besar yang dapat mengubah kehidupan sosial dalam masyarakat tersebut. Perubahan sosial tidak hanya mengubah keseharian suatu masyarakat namun lebih dari itu perubahan bisa mencakup sendi terkecil dalam kedipuan masyarakat, dari norma, interaksi, samapai yang terbesar, seperti lapisan masyarakat, wewenang dan kekuasaaan.
Perubahan sosial adalah suatu yang majemuk, bukan realitas tunggal yang diakibatkan oleh dinamika masyarakat tertentu. Perubahan sosial adalah suatu bentuk peradaan manusia akibat adanya eskalasi perubahan alam, biologis, fisik yang terjadi sepanjang hidup manusia. Maclver berpendapat bahwa perubahan sosial dikaitkan sebagai perubahan-perubahan dalam hubungan sosial (sosial relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial. Selo Soemardjan, mengatakan perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai. Sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. [1]
Membahasa teori perubahan sosial (social change theory), August Comte (1798-1857) membagi dalam dua konsep penting; yaitu Social Static (bangunan struktural) dan Social Dynamics (dinamika struktural). Bangunan struktural merupakan hal-hal yang mapan, berupa struktur yang berlaku pada suatu masa tertentu. Bahasan utamanya mengenai struktur sosial yang ada di masyarakat yang melandasi dan menunjang orde, tertib dan kestabilan masyarakat. Dinamika sosial merupakan hal-hal yang berubah dari suatu waktu ke waktu yang lain, yang dibahas adalah dinamika sosial dari struktur yang berubah dari waktu ke waktu. Dinamika sosial adalah daya gerak dari sejarah tersebut, yang pada setiap tahapan evolusi manusia mendorong kearah tercapainya keseimbangan baru yang tinggi dari satu masa (generasi) ke masa berikutnya. Struktur dapat digambarkan sebagai hierarchy masyarakat yang memuat pengelompokan masyarakat berdasarkan kelas-kelas tertentu (elite, middle dan lower class). Sedangkan dinamika sosial adalah proses perubahan kelas-kelas masyarakat itu dari satu masa ke masa yang lain.[2]
 Adapun faktor-faktor yang membawa masyarakat dalam perubahan sosial
1.       Bertambah atau Menurunya Jumlah Penduduk. Bertambah dan berkurangnya penduduk menjadi faktor dalam perubahan sosial dalam masyarakat, hal ini seperti ketika di suatu wilayah masyarakat meningkat maka di perlukan sebuah organisasi dan struktur masyarakat guna mengatur norma, etika dalam hidup.
2.       Penemuan-Penemuan Baru. Penemuan juga merupakan latar belakang perubahan dalam masyarakat terjadi, dalam pengertian ini penemuan baru diartikan sebagai discovery dan invention. Discovery adalah penemuan kebudayaan baru seperti alat, ataupun gagasan baru yang di kemukanan oleh individu, sedangkan invention merupakan tahap akhir dari discovery yang berupa pengakua, peneriamaan dan penerapan penemuan tersebut.
3.       Lingkungan Alam. Perubahan alam seperti gempa, tsunami, badai dan topan, gunung meletus dan lain-lain menyebabkan masyarakat harus memperbaiki atau berpindah. Hal ini mengakibatkan perubahan baik dalam bidang lingkungan maupun kelembagaan.
4.       Pengaruh Kebudayaan Lain. Di era modern saat ini dimana internet menjadi media yang mempertemukan masyarakat antara Negara. Adanya internet akan memicu pertukaran budaya antar Negara, sehingga budaya masyarakat lokal mengalami perubahan.
5.       Di artikel selanjutnya kita akan membahas hal-hal dibawah ini, guna memperdalam apa saja yang mengubah perubahan sosial dalam masyarakat
a.       Perubahan sosial dan sebab-sebab terjadinya perubahan sosial
b.      Perubahan sosial dan perubahan hubungan antar individu dan antar kelompok
c.       Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kesenjangan sosial di masyarakat
d.      Perubahan sosial, kemajuan masyarakat, dan perkembangan masyarakat menuju kehidupan masyarakat yang demokratis



[1] Anonim. Perubahan Sosial dan Dampaknya dalam Kehidupan Masyarakat. http://blog.unnes.ac.id/venazulindaningrum01/2017/11/12/. 1, 01, 2020. http://blog.unnes.ac.id.
[2] Ibid,.

No comments:

Post a Comment